Our Facebook
Facebook

Think Global, Act Local

Nilai-nilai bangsa Indonesia, mengajarkan kita untuk berpikiran terbuka, berjiwa dan berpikir besar. Seperti dituliskan dalam pembukaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…

Indonesia sebagai negara besar, diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi dunia internasional dengan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

Begitu pula dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (Qs Al-Anbiya, 21: 107)

Tugas itu tidak berhenti ketika Sang Nabi meninggal, namun terwariskan kepada seluruh umatnya. Kita adalah pembawa cinta abadi bagi kehidupan.

Betapa tinggi dan besarnya amanat dari Pembukaan UUD 1945 dan wahyu Illahi. Betapa berat dan panjang jalan untuk bisa mewujudkannya.

Tak ada jalan lain selain memulainya kembali. Meneruskan langkah yang telah dibuka para pahlawan. Kita tak diminta sampai ke ujungnya, tapi biarlah kita mati di atas jalan itu.

Mimpi besar itu harus kita realisasikan dalam hidup sebatas kemampuan yang kita miliki. Dimanapun kita berada, apapun keahlian kita, apapun profesi kita.

Mimpi besar itu uraikanlah menjadi langkah-langkah kecil yang nyata. Yang meski sederhana tapi terasa. Mimpi yang bukan sekedar angan dan bualan.

Mulailah dengan memperbaiki diri, ikut dan buatlah proyek-proyek kebaikan serta lawanlah semua proyek keburukan di sekitar lingkungan kita.

Jika kita kuat, maka akan lebih besar kemampuan kita untuk menolong lainnya. Tapi tak harus sempurna untuk bisa berbagi. Sedikit tetap punya arti. Apa saja yang kita miliki. Karena itu memupuk rasa peduli dan ikatan hati.

Dari mimpi untuk kenyataan.
Dari diri untuk sekitar.
Dari rumah untuk lingkungan.
Dari bangsa untuk dunia.
Dari generasi ke generasi.

Think Global, Act Local.

@ferrial_as

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *