8/03/2017

Umur: Batas Masa Karya


Untuk menyusuri peta hidup dan mencapai misi kehidupan kita, Allah SWT memberikan fasilitas yang kita sebut waktu atau umur sebagai batas masa karya atau batas masa uji.

Kehidupan kita harus dipertanggungjawabkan di depan Allah SWT pada hari akhirat.

Untuk itu, Allah SWT menurunkan kitab suci sebagai "petunjuk pelaksanaan" (guide line) dalam menjalani hidup, dan mengutus para nabi dan rasul sebagai "komunikator" yang memberikan penjelasan bagaimana mengoperasikan sistem kehidupan yang ada dalam buku petunjuk itu.

Selain itu, Allah SWT memberikan kita akal sebagai perangkat manusiawi yang diperlukan untuk memahami buku petunjuk yang dibawa para nabi dan rasul itu.

Kemudian, Allah SWT menyediakan surga dan neraka, sebagai reward dan punishment atas cara kita menjalani kehidupan.

Satu hal yang tidak pernah dijelaskan Allah SWT secara terbuka adalah jatah umur kita masing-masing sebagai manusia. Jatah umur itu tetap dipertahankan Allah SWT sebagai rahasia di antara sekian banyak rahasia-Nya.

Yang dapat kita pahami hanyalah hikmahnya: supaya setiap saat kita siap menghadapi akhir kehidupan kita, untuk selanjutnya memasuki masa pertanggungjawaban.

Dengan keadilan Allah SWT, setiap manusia mendapatkan beban pertanggungjawaban sesuai dengan fasilitas yang diberikan Allah SWT kepadanya.

Umur efektif kita adalah saat dimana kita mencapai produktivitas hidup: apabila satu unit waktu sama dengan satu unit amal atau satu unit waktu bisa menghasilkan banyak unit amal...

Sumber: Delapan Mata Air Kecemerlangan by Matta