Our Facebook
Facebook

Strategi Landak: Istiqomah

Konon katanya, ada dua tipe manusia yang dibedakan berdasarkan caranya bersiasat: tipe landak dan tipe serigala.

Tipe serigala, sebagaimana kita tahu bagaimana sifat hewan yang satu ini, ia licik dan pintar. Ia juga cepat dan lincah. Ia selalu mencari strategi-strategi baru untuk memukul lawannya. Itulah strateginya untuk menang.

Tipe landak memiliki strategi lain untuk menang. Ia lebih sederhana. Ia menggunakan hanya satu strategi untuk menang, tapi ia mengeksekusinya dengan sempurna tanpa cacat sedikit pun, yakni dengan membungkuk.

Di dalam hutan, serigala selalu memenangkan setiap duel dengan hewan lain. Namun tidak ketika ia berhadapan dengan landak.

Ketika serigala mencoba menyerangnya, landak akan melindungi dirinya dengan duri-duri yang dimilikinya yang ia tahu merupakan satu-satunya namun strategi terbaik yang dimiliknya.

Jadi, setiap kali mereka berhadapan, Serigala akan mencoba strategi yang baru yang dirancangnya dengan sangat lihai. Tapi Landak selalu saja tampil sebagai pemenang. Tidak masalah apa strategi baru Serigala, Landak hanya perlu membungkukkan tubuhnya menjadi seperti bola yang akan membuka semua duri-durinya sehingga bagian tubuhnya aman dari jangkauan sang predator, bahkan mampu memukul mundur Serigala dan memaksanya kabur dengan luka-luka di sekujur tubuhnya.

Apa inspirasi cerita di atas?

Lihatlah usaha-usaha seseorang yang ingin hidup lebih sehat. Ada yang mencoba cara pintar dengan menggunakan obat, latihan di pusat kebugaran, menggunakan diet ini dan diet itu. Seringkali, hasil awalnya tampak bagus, tapi pada akhirnya tidak berhasil. Tidak jarang malahan mendatangkan cedera atau kerusakan-kerusakan tubuh karena dilakukan berlebihan.

Begitu pula dengan usaha-usaha kita untuk mencapai kesuksesan. Seringkali, dengan nafsu ingin sukses secepat kilat, kita melakukan berbagai upaya yang justru menghancurkan ‘alur sukses’ yang telah ditentukan Allah.

Perjalanan sukses yang seharusnya singkat dan lurus justru malah menjadi berkelok, terjal dan membutuhkan waktu yang lama.

Belajarlah pada strategi landak. Strateginya yang tidak macam-macam. Namun konsisten dilakukan terus. Strategi ini sesungguhnya jauh lebih efektif. Strategi itu dinamakan strategi istiqomah.

Diolah dari Andriewongso.com dengan judul ‘Strategi Konsisten’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *