Our Facebook
Facebook

Sinopsis Perjalanan Hidup Manusia Terbaik (part 1)

Allah-lah yang mendidikku, maka Dia mendidikku dengan sebaik-baiknya.

Pernahkah kamu mencoba merunut jejak-jejak kehidupan Rasulullah saw? Jika kita napak tilas satuan usia dari perjalanan hidupnya, maka kita akan temukan suatu tahapan hidup yang benar-benar terencana dengan baik.

Masalah perencanaan hidup dapat kita temukan dalam kehidupan Rasulullah saw yang hanya berusia sekitar 63 tahun. Tahapan hidup yang menunjukkan sisi paling bagus yang perlu kita contoh, bagaimana Allah swt merencanakan Rasulullah saw untuk menjadi besar.

Sinopsis Kehidupan Rasulullah saw

Tiga tahapan penting dalam kehidupannya:

  1. Sebelum kenabian (0-40 tahun)
  2. Dakwah di Mekkah (40-53 tahun)
  3. Dakwah di Madinah (53-63 tahun)
1. Sebelum Kenabian (0-40 tahun)
Rasulullah saw adalah seorang yang dilahirkan oleh Siti Aminah dari seorang ayah bernama Abdullah. Lahir di tengah masyarakat Quraisy. Hari kelahirannya dimulai dengan penyerangan gajah, datangnya pasukan Abrahah dari Yaman untuk meruntuhkan Ka’bah.
Usia 0-4 tahun: beliau hidup di padang pasir bersama kabilah Bani Sa’ad dan selama itu mendapatkan ASI dari Halimah As-Sa’diyah.
Usia  4-6 tahun: tinggal bersama ibunya. Usia 6 tahun ibunya meninggal sepulang mengunjungi kuburan ayahnya di Madinah.
Usia 6-8 tahun: tinggal bersama kakeknya.
Usia 8 tahun: tinggal bersama pamannya. Sejak tinggal bersama pamannya, Muhammad sudah bekerja karena Abu Thalib mempunyai banyak tanggungan. Pekerjaan pertama Rasulullah saw adalah menggembalakan kambing.

Usia 12 tahun: ikut bersama pamannya dalam suatu perjalanan bisnis ke Syria. Di sanalah ia bertemu pendeta Bahira yang meramalkan dirinya sebagai nabi terakhir.

Usia 15 tahun: beliau terlibat dalam suatu peristiwa militer yang penting, yaitu perang Fijar yang terjadi antara Quraisy dan kaum lainnya selama 4-5 tahun (15-19/20 tahun).

Usia 20 tahun: beliau terlibat peristiwa diplomatik perdamaian antara Quraisy dan kabilah lainnya. Setelah itu beliau bekerja pada Khadijah, berdagang ke Yaman/Syria. Sebagai seorang profesional Rasulullah saw telah memperlihatkan prestasi yang sangat unggul. Prestasi beliau bukan hanya pada karakter atau integritas pribadinya, tetapi juga kompetensinya sebagai manajer yang memberikan keuntungan bagi Khadijah.

Usia 25 tahun: beliau menikah dengan Khadijah.

Jadi kita dapat melihat apa yang telah diperoleh Rasulullah saw pada usia 25 tahun dan pada setiap jenjang usianya…

To be continue

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *