3/21/2017

Mengenali Diri


"Bertaqwalah kepada Allah menurut ukuran kemampuanmu." (Qs At-Taghabun, 64: 16)

Allah Swt mengetahui pasti keterbatasan kita sebagai manusia, dan dalam keterbatasan itulah Dia inginkan kita berislam. Nabi kita tercinta bersabda, "Allah merahmati orang yang mengetahui kadar kemampuan dirinya."

Dengan mengetahui kadar kemampuan diri sendiri, kita bisa memposisikan diri secara tepat dalam berbagai situasi kehidupan.

Perintah-perintah dalam Islam itu banyak; menuntut ilmu, ibadah mahdhah, berbakti, berjihad, dan sebagainya. Tidak semua perintah bisa kita lakukan dengan expert, sempurna. Oleh karena itu di surga disediakan banyak pintu, di antaranya ada pintu ibadah puasa, shalat, zakat, dan seterusnya.

Dan karena batas kemampuan itulah mengharuskan kita untuk memilih fokus tertentu dalam kehidupan kita.

Dalam keterbatasan itulah Allah mengatakan, "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai sesuai kesanggupannya." (Qs Al-Baqarah, 2: 286)

Hanya saja untuk ibadah-ibadah yang sudah tetap waktunya seperti shalat lima waktu, Allah telah mengukur kemampuan manusia dan pada dasarnya manusia sanggup melakukannya.

Dengan mengenal diri, kemampuan, kekuatan dan kekurangannya, akan membantu kita memposisikan diri dalam karya dan kehidupan sosial.

Mengenal diri juga membantu kita untuk bersifat tawadhu. Tawadhu berarti kemampuan memposisikan diri sewajarnya. Bukan berarti tawadhu itu bahwa kita tidak memiliki apa-apa.

Urusan mengenal diri dan pengembangan diri bukanlah hanya urusan ilmu psikologi. Islam justru sangat menganjurkan dan menekankan masalah ini sejak awal.

Dalam sejarah Islam kita akan menemukan sesuatu yang menarik.
Umar bin Khattab ra memiliki fisik yang besar dan kuat, jago berkelahi dan perang, tetapi tidak pernah sekalipun ditunjuk menjadi pemimpin perang. Mengapa? Karena Umar tidak hanya bisa memimpin pasukan perang, tapi lebih dari itu, dia bisa memimpin  negara, dan untuk itulah dia disiapkan.

To be continue...
***

Referensi: Model Manusia Muslim, Pesona Abad ke-21 by: Matta

[ Fey l Kata Kita ]