2/25/2017

Jadi Apa yang Allah Inginkan (final chapter)


Model Manusia Muslim

Tugas kita sebagai seorang muslim adalah mempertemukan antara kehendak Allah dengan kehendak kita. Menautkan antara keinginan Allah dengan keunikan pribadi dan kemampuan kita sebagai manusia.

Rumusan kehendak Allah telah kita temukan secara ringkas dalam surat Al-Asr, yaitu: beriman dan beramal shalih, serta saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran.

Dari rumusan kehendak atau keinginan Allah itu, kita dapat mendesain model kepribadian manusia, atau kita sebut model manusia Muslim.

Model manusia Muslim yang dikehendaki oleh Allah adalah orang yang memiliki tiga kualifikasi atau tiga kekuatan dalam dirinya, yaitu: kekuatan pribadi, kekuatan sosial, dan kekuatan profesi.


1. Kekuatan Pribadi

Langkah awal dimana seorang muslim bisa menapaki jalan menuju keridoan Allah dan menyejarah adalah dengan menguatkan komitmennya kepada Islam. Memahami dengan baik mengapa memilih Islam sebagai agama dan jalan hidup.

Kita, umat Islam, umumnya menerima Islam sebagai “warisan sosial”, bukan sebagai suatu pilihan hidup yang kita putuskan melalui proses pemahaman, pengetahuan, dan keyakinan.
Itulah sebabnya Islam tidak menjadi cahaya yang mencerahkan akal kita, atau api yang melahirkan gelora jiwa kita, atau gelombang yang menciptakan dinamika hidup kita.

Maka, kita membentuk diri kita dengan iman dan amal shalih.

Iman adalah pengetahuan dan keyakinan tentang Allah dan kebenaran-kebenaran yang diturunkan-Nya. Tidak ada artinya pengetahuan bila tidak berujung dengan keyakinan. Akan tetapi, keyakinan tidak dapat dibangun tanpa dasar pengetahuan.

Adapun amal shalih adalah pembuktian terhadap pengetahuan dan keyakinan tersebut melalui tindakan dan perilaku nyata dalam keseharian. Terus bergerak menyempurnakan diri dari waktu ke waktu.

Dengan itulah kita membangun kekuatan pribadi.


2. Kekuatan Sosial

Akan tetapi, Allah tidak menginginkan seorang Muslim berhenti pada kesempurnaan pribadinya saja. Ia harus melangkah lebih jauh, menuju masyarakat.

Menjadi partisipan kebajikan yang aktif, serta menjadi distributor kebaikan dan rahmat yang gesit, melalui kegiatan saling berwasiat kepada kebenaran dan kesabaran.

Hal tersebut mengharuskan seorang muslim melebur dengan masyarakatnya. Ia harus berintegrasi, bekerjasama, dan bersinergi dengan mereka dalam mendukung semua proyek kebajikan, dan melawan semua proyek kerusakan. Menjadi faktor perekat dan pembawa manfaat dalam masyarakat.

Menegakkan kehidupan yang bersih, adil dan makmur. Kehidupan yang dipenuhi cahaya langit dan berkah bumi, kedamaian jiwa dan kemakmuran materi.

Lingkungan masyarakat itu dimulai dari rumahnya, keluarga; lalu tetangga, sahabat, komunitas, organisasi, lingkungan kerja, negara, serta dunia.

Sampai di sini, seorang muslim telah melengkapi kesempurnaan pribadinya dengan kesempurnaan sosial.


3. Kekuatan Profesi

Tetapi dalam proses partisipasi itu, kita tidak dapat menjadi segalanya dan tidak akan pernah sanggup melakukan segalanya. Kemampuan kita terbatas.

Oleh karena itu, kita harus menggali untuk menemukan bidang spesialisasi ilmu atau profesi yang kita yakini dapat menjadi expert dan unggul. Kita memilih peran yang tepat, sesuai kompetensi atau kemampuan inti kita. Kita harus tahu dimana letak kekuatan kita.

Yang dengannya, kita memberikan karya terbaik sebagai persembahan setulus-tulusnya kepada Islam dan masyarakat.

Katakanlah, tiap-tiap orang bekerja menurut keadaan (diri)nya masing-masing.” (Qs Al-Isra: 84)

Setiap orang dimudahkan melakukan sesuatu yang untuknya ia diciptakan.” (Hr Muslim)

Kontribusi itu dapat kita berikan dalam berbagai bidang; pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan yang lainnya. 
***

Manusia dengan gabungan tiga kekuatan tersebut, pastilah menjadi manusia-manusia cemerlang yang dicintai Allah dan dirindukan oleh masyarakat. Manusia yang akan menjadi bagian solusi dari badai masalah yang dihadapi umat manusia saat ini.

Jadilah apa yang Allah inginkan!
***
Referensi: Delapan Mata Air Kecemerlangan by Anis Matta
[ Fey I Kata Kita ]