12/31/2016

5 Langkah Menuju Kemenangan


Seperti helai-helai daun, begitulah waktu yang manusia punya; berguguran satu per satu. Seperti halaman-halaman buku, begitulah waktu yang manusia punya; semakin bertambah menuju akhir cerita. Sang waktu tidak pernah menunggu, dia akan terus melaju.

Setiap kita ingin memberikan makna dalam kehidupan. Ingin meraih kebahagiaan dan kemenangan di dunia sampai akhirat kelak. Waktu adalah batas masa karya yang Allah Swt sediakan untuk manusia.

Ada 5 langkah yang akan mengantarkan kita kepada kemenangan sejati:

1. Memandang ke langit
Pandanglah alam yang terbentang, segala pernak-pernik, gerakan maupun keindahannya. Maka akal dan hati kita akan semakin menyadari kehadiran Sang Pencipta. Yang merupakan awal dan ujung kehidupan kita. Dari sanalah kita harus memulai langkah, dan dari sanalah juga kita menentukan tujuan akhir hidup kita. Tujuan hidup yang memberikan arah, menerangi jalan, dan meledakkan segala daya yang kita punya.

2. Memandang ke dalam diri
Kita diciptakan oleh Sang Pencipta dengan kekhasan dan keunikan masing-masing. Setiap diri kita adalah spesial. Tugas kita untuk mengenali diri kita dengan baik, menelusurinya, mengeksplor bakat dan potensi, kemudian mengeksploitasinya menjadi karya yang akan kita persembahkan untuk kehidupan.

3. Memandang ke luar diri
Lihatlah lingkungan sekitar. Kita telah dan akan selalu menerima kebaikan dari Allah Swt melalui orang-orang di sekitar kita. Maka kini saatnya kita untuk berbagi dan memberi. Memberi apa saja orang-orang yang kita cintai untuk bertumbuh lebih baik dan berbahagia karenanya. Mulai dari keluarga, saudara, sahabat, tetangga, bangsa, dan bahkan dunia.

4. Membaca sejarah
Sejarah adalah episode kehidupan yang memberikan kita pelajaran dan inspirasi yang sangat banyak. Kita bisa menghindari jatuh ke dalam lubang kehancuran yang dialami umat-umat terdahulu. Kita bisa mengikuti jejak kemuliaan yang telah diwariskan oleh orang-orang besar yang telah mendahului kita.

5. Rencanakan masa depan
Kita telah menyadari arti hidup ini, kita tahu darimana dan kemana akan pergi. Maka mulai saat ini kita susun rencana dan bekal untuk sampai ke sana. Ke rumah masa depan kita. Mengarungi waktu dengan memaksimalkan potensi diri, berbagi dan memberi, hasilkan karya terbaik untuk agama, bangsa, peradaban dan kemanusiaan.

Mari berlari menuju kemenangan!

[Fey I Kata Kita]