Our Facebook
Facebook

Mengenali Bahasa Tubuh Orang Sukses

Mengenali Bahasa Tubuh Orang Sukses

Tidak hanya cara berbicara, tetapi “body language” alias bahasa tubuh seseorang juga turut berperan dalam menentukan kesuksesan. Nah kita tahu bahwa orang sukses biasanya melakukan segala sesuatu dengan cara yang berbeda dari orang biasa. Lantas bagaimana dengan body language mereka?

Mari kenali 10 bahasa tubuh khas orang sukses:

1. Senyum di waktu yang sesuai: Senyum adalah salah satu “alat” untuk memperoleh kepercayaan dan penerimaan dari orang lain secara instan. Namun yang harus diingat adalah mengetahui kapan waktu yang tepat dan sesuai untuk melakukannya. Tersenyumlah ketika Anda bertemu dengan seorang yang baru atau memberikan feedback pada atasan Anda. Namun jangan tersenyum ketika Anda sedang membahas kegagalan mencapai target, atau kenapa hubungan Anda tidak berjalan baik. Tersenyum di waktu yang tidak tepat justru akan menyampaikan rasa ketidakamanan dan kurang percaya diri.

2. Jabat tangan yang kuat: Jabatan tangan Anda bisa memberikan gambaran apakah Anda orang yang percaya diri, dominan atau tidak. Pada saat interview kerja, pertemuan dengan rekan atau calon klien bisnis, dengan orang baru dan lain sebagainya, pastikan jabat tangan mereka dengan baik dan kuat. Akan tetapi tetap terkendali jangan sampai menyakiti lawan bicara karena Anda terlalu bersemangat.

3. Ekspresi wajah: Setiap orang senang untuk didengarkan, menjadi pendengar menunjukan rasa hormat, ketertarikan, dan kepercayaan. Fokus ke “facial triangle”’ (kedua mata dan bibir) ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu “facial triangle” juga akan mencegah kontak mata langsung yang bisa menjadi terlalu intens.

4. Jangan menggosok telapak tangan, wajah atau leher: Ketiganya merupakan bahasa universal yang menundukkan tanda gelisah, cemas dan stres. Menunjukkan bahwa Anda tidak bisa mengatasi tugas yang diserahkan, atau Anda khawatir tentang bagaimana hasil kerja, usaha bisnis atau image Anda di mata orang lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri, yang akan membuat orang lain kurang percaya pada diri Anda. Orang yang sukses tidak akan melakukan ketiga hal tersebut, tidak secara terbuka. Orang sukses lebih menunjukkan rasa aman dan kekuatan mereka meskipun harus melawan segala kemungkinan.

5. Steeple hand gesture (menyatukan jari-jari kedua tangan Anda dan membentuk seperti menara): Jika Anda ingin terlihat sebagai orang yang menarik, pintar dan percaya diri maka lakukanlah gesture yang sering digunakan oleh para politisi untuk menunjukkan bahwa mereka bisa dipercaya dalam mengemban tugas. Gesture ini sangat baik digunakan di lingkungan yang formal, saat berbicara dengan supervisor Anda dan dengan sendirinya kredibilitas Anda akan meningkat.

6. Anggukan kepala: Seringkali tanpa sadar, anggukan kepala ketika berbicara menandakan persetujuan. Tapi jika dilakukan terlalu sering justru akan mengurangi kredibiltas Anda dan menunjukkan bahwa Anda orang yang mudah setuju atau mudah dikendalikan. Baik ketika berbicara dengan atasan, karyawan, atau rekan kerja sebaiknya kendalikan kebiasaan anggukan kepala Anda. Tunjukkan pendirian Anda. Jika memang tidak setuju, Anda bisa mengungkapkannya dengan cara yang baik dan sopan.

7. Power pose: Power pose ini seperti pose superhero. Hasil penelitian menunjukkan pose ini tidak hanya membuat orang lain melihat Anda sebagai sosok yang percaya diri dan memiliki power, tapi juga secara otomatis akan membuat Anda merasa demikian. Melakukan pose ini sebelum berhadapan dengan situasi yang mungkin memiliki risiko tinggi akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi hormon stres di tubuh.

8. Jangan memalingkan wajah dari lawan bicara: Jangan lakukan karena akan menunjukkan semua hal yang negatif. Mulai dari rasa takut, cemas, tidak percaya, minder dan lain sebagainya.

9. Postur tubuh yang baik: Postur tubuh bisa memengaruhi Anda baik secara fisik maupun mental. Postur tubuh yang tegak tidak hanya baik untuk kesehatan dan penampilan Anda tapi juga bisa mengundang rasa hormat. Akan sulit bagi lawan bicara untuk melihat Anda sebagai orang yang setara atau lebih superior jika postur tubuh Anda membungkuk seperti orang yang lunglai.

10. Jangan memberikan gesture yang berlebihan (lebay): Gerakan gesture yang berlebihan dalam usaha untuk menunjukkan bahwa Anda orang yang antusias atau percaya diri justru bisa menjadi senjata makan tuan. Akan sulit menganggap serius orang yang terlalu terlihat flamboyan.

Ada banyak cara untuk menjadi orang sukses, kesuksesan bisa dimulai dari langkah kecil. Salah satunya adalah dengan mengubah sikap, perilaku dan pembawaan diri ketika berhadapan dengan orang lain.

(Dikutip dari Andriewongso.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *