12/28/2015

Pilih Kampus Negri atau Swasta? Ini Perbedaannya!

 

Hai, untuk kamu yang sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional atau UN di tingkat SMA, pasti tengah galau nih, galau karena tak lama setelah itu, kamu harus memilih perguruan tinggi, perguruan tinggi negri atau swasta ya ? nah, agar kamu gak galau lagi, kali ini kita akan posting perbedaan perguruan tinggi negri dan swasta. Berikut perbedaannya:

Biaya
Jika masalah biaya kamu pasti sudah memikirkan sejak awal karena biaya kuliah diibaratkan sebagai sebuah bensin untuk perjalanan perkuliahan. Biaya kuliah perguruan tinggi negri atau PTN akan lebih murah karena didukung oleh pemerintah dalam hal subsidi pendanaan. 

Kualitas
Kriteria berikutnya adalah kualitas, kualitas ini akan menentukan kemampuan kamu nanti setelah lulus. Kualitas selalu diukur secara kuantitatif . menilai kualitas tidak bisa mempercayai IPK semata. Namun, menurut pengamatan mahasiswa negri lebih condong ke arah teori, sedangkan swasta lebih berorientasi ke pekerjaan atau soft skills. Kebanyakan perguruan tinggi swasta mengajarkan mahasiswanya agar bisa mencari pekerjaan , sedangkan perguruan tinggi negri lebih mengajarkan mahasiswanya agar menjadi peneliti. 

Jenis
Memilih jenis kampus juga tidak kalah penting dari biaya dan kualitas. Kampus di Indonesia beragam jenis, dari mulai institusi, politeknik, universitas dan akademi. Untuk menentukan jenis kampus yang akan kamu pilih, gampang banget. Kamu bisa mengetahuinya dari nama depan yang disandang kampus tersebut di depannya. Contohnya, institut bla bla bla ? atau universitas bla blab bla. Jika kamu ingin kampus yang lebih menjurus pada bidang atau ilmu tertentu, maka pilihlah nama kampus yang depannya institut atau politeknik . Namun jika kalian menginginkan kampus yang lebih universal, maka pilihlah nama kampus yang depannya universitas. 

Pasar kerja
Menurut kompas, banyak fresh graduate kesulitan mencari kerja karena sebelumnya tidak mempunyai pengalaman kerja atau skills yang dicari oleh perusahaan. Hal ini yang menjadi daya tarik kampus swasta yang memang mempersiapkan mahasiswanya menjadi daya kerja andal.

Apabila kamu, memilih perguruan tinggi negri, maka kamu lebih diarahkan untuk melanjutkan studi lebih tinggi. Masalah pekerjaan, perguruan tinggi negri sekarang biasanya memiliki semacam career center sebagai tempat tukar info mengenai dunia kerja. Sedangkan perguruan tinggi swasta umumnya lebih banyak mempunyai koneksi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka.

Untuk memilihnya, gampang saja. Biasanya perguruan tinggi swasta lebih mempersiapkan kamu untuk memasuki dunia kerja dengan segala training dan pembekalan. Negri juga tidak kalah dalam pasar kerja , karena sudah banyak perusahaan yang merekrut karyawan baru dengan terlebih dahulu melihat almamaternya. Jadi, balik lagi ke diri kita masing-masing mau ikut bersaing atau Cuma numpang nama saja.

Nah, itu dia perbedaan antara kampus negri dan kampus swasta. Kuliah di kampus ternama memang membanggakan, apalagi status sebagai mahasiswa melekat dalam diri masing-masing yang tentunya akan membuat kamu beken, bukan anak putih abu lagi. Semua itu dapat dicapai dengan dari dalam diri masing-masing. Seberapa besar perjuangan kamu agar bisa diterima di kampus impian.

Sumber: kaskus.com