12/30/2015

Alasan Menapa Kita Harus Memaafkan

Oleh: Iwan Maulana

Memaafkan bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Kesalahan orang lain yang sedemikian besar menjadi alasan kita untuk menutup pintu maaf itu. Namun, mari bercermin dari tiga alasan ini, mengapa kita harus memaafkan orang lain.

Karena tidak ada manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan
Ada istilah “manusia adalah tempat salah dan lupa” memang ada benarnya karena manusia memiliki dorongan buruk atau nafsu yang selalu akan mengarahkan pada kesalahan seperti yang Allah abadikan dalam al-quran surah yusuf, yang menceritakan ketika nabi yang tampan ini digoda oleh Zulaikha.
Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang” (Q.S Yusuf : 53).

Bisa jadi hari ini orang lain yang melakukan kesalahan pada kita tetapi bisa jadi besok kitalah yang melakaukan kesalahan pada orang lain. Namun, jangan jadikan ini sebagai pembenaran jika kita melakukan kesalahan, ya? :-)

Lanjutkan: Alasan Mengapa Kita Harus Memaafkan (2)